9:31 AM
0
Apa ISO yang terbaik untuk gambar saya?

Mengubah setting ISO pada kamera Anda akan mengubah sensitivitas terhadap cahaya dari sensor gambar di dalamnya.

Semakin rendah nomor yang Anda pilih kurang sensitif sensor terhadap cahaya (dan sebaliknya semakin tinggi angka semakin sensitif).

Hal ini berguna bila Anda menembak dalam situasi pencahayaan yang berbeda, terutama ketika ada cahaya rendah dan Anda mungkin tidak dapat menggunakan flash (Anda akan perlu pengaturan ISO).

Satu-satunya akibat peningkatan ISO adalah bahwa ketika Anda melakukannya Anda akan melihat bahwa 'Noise' atau 'Grain' di bidikan Anda juga mulai meningkat.

Anda mungkin tidak akan melihat grain ini pada gambar Anda ketika melihat di mereka pada LCD pada kamera, namun ketika Anda melihat mereka kembali ke komputer, mereka akan kelihatan nyata dengan pengaturan ISO yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah contoh dua gambar yang diambil dengan pengaturan yang sama persis kecuali untuk ISO (100 di sebelah kiri, 3200 di sebelah kanan).




Sebagai aturan umum sebaiknya Anda memilih ISO serendah mungkin untuk gambar halus dan bebas Grain.


6 Pertanyaan untuk Membantu Memilih ISO yang Tepat

Tentu saja ketika memotret adegan cahaya rendah mungkin ada mungkin beberapa pertanyaan berikut ketika memilih apa harus mengatur ISO:

  1. Apakah tangan memegang kamera? - Bila menggunakan tripod Anda mungkin dapat menggunakan kecepatan rana lambat yang akan memungkinkan Anda untuk menurunkan ISO Anda.
  2. Apakah subjek saya bergerak? - Jika subjek Anda diam dan di mana Anda menggunakan tripod Anda akan dapat memperlambat kecepatan rana dan ISO yang lebih rendah.
  3. Apakah saya memerlukan Depth of Field besar? - Jika Anda tidak membutuhkan kedalaman lapangan besar, Anda mungkin dapat meningkatkan aperture yang memungkinkan lebih banyak cahaya ke kamera dan akan memungkinkan Anda untuk menurunkan ISO.
  4. Dapatkah saya menggunakan beberapa Cahaya Buatan? - Menggunakan flash atau bahkan beralih pada cahaya dapat membantu untuk mendapatkan lebih banyak cahaya ke dalam kamera Anda, dan memungkinkan Anda untuk menurunkan setting ISO Anda.
  5. Dapatkah saya menghindari Grain? - Kadang-kadang foto dapat benar-benar terlihat lebih baik dengan grain/butiran. Beberapa fotografer menyukai suasana hati dan suasana yang sedikit noise dengan menambah ISO dengan harapan mereka mendapatkan itu.
  6. Seberapa besar gambar akan diperbesar? - Alasan bahwa noise tidak dapat dilihat pada LCD kamera Anda adalah bahwa hal itu sangat kecil. Akibatnya piksel dalam gambar kecil juga dan grain juga tidak dapat dilihat. Hanya ketika Anda memperbesar gambar pada layar yang lebih besar atau dalam pencetakan semua akan terlihat. Jika Anda hanya pernah akan menggunakan tembakan dalam ukuran kecil Anda mungkin tidak perlu ISO yang lebih tinggi.

Perlu diingat bahwa itu hanya ketika Anda menembak dalam mode manual atau semi-manual yang perlu mengubah ISO. Ketika Anda berada dalam mode otomatis atau salah satu preset mode, kamera Anda akan memilih yang terendah untuk Anda.

Peringatan dalam Mengubah ISO

Juga perlu diingat bahwa jika Anda mengubah ISO yang akan Anda perlu masuk ke dalam kebiasaan memeriksa apa pengaturan yang dipilih pada awal setiap pemotretan .

Banyak fotografer telah kecewa ketika menemukan bahwa mereka sudah lupa untuk memeriksa pengaturan ISO mereka, berapa ISO kamera mereka pada shoot terakhir mereka. Tidak ada yang lebih buruk daripada berpikir Anda menembak pada ISO 100 hanya untuk menemukan Anda lupa untuk beralih kembali dari 1600.

Untuk membantu ini selalu periksa pengaturan ISO Anda sebelum mulai menjepret, tetapi juga mencoba untuk selalu beralih kembali setelahnya.

0 comments:

Post a Comment