2:24 AM
0
1 . Maksimalkan Depth of Field Anda

Meskipun mungkin ada saat Anda ingin mendapatkan sedikit percobaan lebih kreatif dan dengan kedalaman sempit bidang dalam Fotografi Landscape Anda, pendekatan normal adalah untuk memastikan bahwa sebanyak mungkin adegan berada dalam fokus. Cara termudah untuk melakukannya adalah untuk memilih pengaturan Aperture kecil. Semakin kecil aperture Anda semakin besar kedalaman lapangan di bidikan Anda.

Jangan diingat bahwa lubang kecil berarti lebih sedikit cahaya mengarah sensor gambar Anda pada setiap titik waktu sehingga mereka akan berarti Anda harus mengkompensasi baik dengan meningkatkan ISO atau memperpanjang kecepatan rana Anda (atau keduanya).

PS : Tentu saja ada saat-saat ketika Anda bisa mendapatkan beberapa hasil yang bagus dengan DOF sangat dangkal dalam pengaturan lanskap (lihat gambar garis kuning ganda di bawah ) .


2 . Gunakan Tripod

Sebagai akibat dari kecepatan rana lagi, bahwa Anda mungkin perlu memilih untuk mengkompensasi bukaan kecil Anda akan perlu menemukan cara untuk memastikan kamera Anda benar-benar diam selama eksposur. Bahkan jika Anda mampu menembak pada kecepatan rana praktek menggunakan tripod dapat bermanfaat bagi Anda. Juga pertimbangkan mekanisme shutter release kabel atau nirkabel untuk keheningan kamera tambahan.


3 . Carilah Focal Point

Semua tembakan perlu semacam focal point untuk mereka dan lanskap tidak berbeda dalam foto-foto lanskap. Bahkan tanpa mereka akhirnya tampak agak kosong dan akan meninggalkan mata pemirsa Anda bertanya-tanya melalui gambar dengan tempat untuk beristirahat (dan mereka umumnya akan bergerak dengan cepat).

Focal point bisa mengambil banyak bentuk dalam lanskap dan dapat berkisar, pohon bangunan atau struktur mencolok, sebuah formasi batu atau rock, siluet dll.

Berpikir tidak hanya tentang apa titik fokus adalah tetapi di mana Anda menempatkannya . Aturan pertiga mungkin berguna di sini.


4 . Pikirkan Foregrounds / Latar Depan

Salah satu unsur yang dapat memisahkan gambar lanskap Anda adalah untuk berpikir hati-hati tentang latar depan gambar Anda dan dengan menempatkan tempat menarik di dalamnya. Ketika Anda melakukan ini Anda memberikan tampilan yang ditembak jalan ke gambar serta menciptakan rasa kedalaman dalam foto Anda.



5 . Pertimbangkan Langit

Unsur lain yang perlu dipertimbangkan adalah langit di lansekap Anda .

Kebanyakan lanskap baik akan memiliki latar dominan atau langit, jika tidak Anda memiliki satu atau yang lain ditembak Anda dapat berakhir menjadi cukup membosankan.

Jika Anda memiliki langit hambar, membosankan, jangan biarkan hal itu mendominasi gambar Anda dan menempatkan cakrawala di sepertiga atas tembakan Anda (namun Anda akan ingin memastikan foreground menarik). Namun, jika langit diisi dengan formasi awan drama dan menarik dan warna-warni, biarkan bersinar dengan menempatkan cakrawala yang lebih rendah.

Pertimbangkan meningkatkan langit baik dalam produksi pos atau dengan penggunaan filter (misalnya filter polarisasi dapat menambahkan warna dan kontras).


6 . Garis

Salah satu pertanyaan untuk bertanya pada diri sendiri ketika Anda mengambil gambar Lanskap bagaimana saya mengajak mata mereka melihat gambar ini? Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini (foregrounds adalah salah satunya) tapi salah satu cara terbaik dalam tembakan adalah untuk memberikan pemirsa dengan garis-garis yang membawa mereka ke dalam sebuah gambar.

Garis memberikan kedalaman gambar, skala dan dapat menjadi point of interest di dalam dan dari diri mereka sendiri dengan menciptakan pola dalam foto Anda.



7 . Tangkap Gerakan

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang lanskap. mereka berpikir tenang, lingkungan tenang dan pasif,  namun pemandangan yang jarang benar-benar diam dan menyampaikan gerakan ini dalam sebuah gambar akan menambah drama, suasana hati dan menciptakan tempat tujuan.

Contoh - angin di pepohonan, ombak di pantai, air yang mengalir di atas air terjun, burung terbang di atas kepala, awan bergerak.

Menangkap gerakan ini umumnya berarti Anda perlu melihat kecepatan rana lebih lama (kadang-kadang cukup beberapa detik). Tentu saja hal ini berarti lebih banyak cahaya memukul sensor Anda yang berarti Anda perlu baik pergi untuk Bukaan kecil, menggunakan beberapa jenis filter atau bahkan menembak pada awal atau akhir hari ketika ada kurang cahaya.


8 . Bekerja dengan Cuaca

Sebuah adegan dapat berubah secara dramatis tergantung pada cuaca pada saat tertentu. Akibatnya, memilih waktu yang tepat untuk menembak sangat penting nyata.

Banyak fotografer pemula melihat hari yang cerah dan berpikir bahwa itu adalah waktu terbaik untuk pergi keluar dengan kamera mereka, namun hari mendung yang mengancam hujan mungkin hadir dengan kesempatan yang lebih baik untuk membuat gambar dengan suasana nyata dan nada mengancam. Carilah badai, angin, kabut, awan dramatis, matahari bersinar melalui langit gelap, pelangi, matahari terbit dan terbenam dll dan bekerja dengan variasi dalam cuaca daripada hanya menunggu untuk cerah langit biru hari berikutnya.


9 . Bekerja Jam Emas

Aku mengobrol dengan satu fotografer baru-baru ini yang mengatakan kepada saya bahwa ia tidak pernah menembak siang hari - hanya kali shooting ada di sekitar fajar dan senja - karena itulah ketika cahaya adalah yang terbaik dan ia menemukan bahwa lanskap menjadi hidup.

Ini "jam emas"' yang besar untuk lanskap untuk sejumlah alasan - tidak sedikit yang 'emas' adalah  cahaya yang sering menyajikan kita . Alasan lain yang aku suka kali ini adalah sudut cahaya dan bagaimana hal itu dapat berdampak adegan, menciptakan pola yang menarik, dimensi dan tekstur.


10 . Pikirkan tentang Horizons

Ini adalah tip lama tapi bagus, sebelum Anda mengambil lanskap selalu mempertimbangkan cakrawala di dua front.

  1. Apakah langsung? - Sementara Anda selalu dapat meluruskan gambar kemudian pasca produksi akan lebih mudah jika Anda mendapatkannya tepat di kamera.
  2. Dimana komposisinya? - Tempat komposisinya alami untuk cakrawala adalah pada salah satu garis pertiga dalam sebuah gambar (baik ketiga atas atau bawah) daripada benar-benar di tengah. Tentu saja aturan dimaksudkan untuk dilanggar, tapi saya menemukan bahwa kecuali jika itu adalah gambar yang sangat mencolok bahwa aturan pertiga biasanya bekerja di sini.


11 . Mengubah Sudut Pandang

Anda mengarah ke pemandangan indah, keluar dari mobil, ambil kamera Anda, menyalakannya, berjalan ke penghalang, meningkatkan kamera ke mata Anda, putar kiri dan kanan sedikit, tampilannya sedikit dan mengambil gambar Anda sebelum mendapatkan kembali ke dalam mobil untuk pergi ke pemandangan indah berikutnya.

Kita semua pernah melakukannya - namun proses ini umumnya tidak mengarah pada tembakan 'wow'  yang banyak dari kita cari.

Ambil sedikit lebih banyak waktu dengan tembakan Anda - terutama dalam mencari titik pandang lebih menarik untuk menembak. Ini mungkin mulai dengan menemukan tempat yang berbeda untuk menembak daripada tampilan pemandangan keluar (berjalan menyusuri jalan, mencari sudut baru dll), bisa berarti semakin turun ke tanah untuk tembakan dari bawah rendah atau menemukan lebih tinggi sudut pandang untuk menembak.
Tips Fotografi Landscape 

0 comments:

Post a Comment